Minggu, 22 November 2009

MALU

Hari jumat yang lalu, ane sholat jumat di masjid jami' al hidayah, balebak. yang mengisi khutbah jumat adalah Syekh Ahmad Syafei, ketua DKM masjid tersebut. penyampaian khutbahnya bisa dibilang biasa-biasa saja, bahka bisa dibilang agak kurang teratur (mungkin karena pendidikan formal beliau yang kurang tinggi), namun demikia, ae dapat menangkap dengan jelas inti khutbah beliau. memulai dengan mengutip hadits Nabi, yang kurang lebih berbunyi (ane jg gak hafal) "Iman dan malu itu adalah satu kesatuan, jika satu bagian hilang, maka yang lain pun akan hilang".

Malam sebelumya, ane menonton acara berita, persisnya metro malam. ada dua berita yang menjadi sorotan ane. pertama, "sepasang anak sekolah (kalo ga salah anak SMA) tertangkap basah sedang ttittttttttttttt layaknya suami istri di sebuah pantai,tanpa busana (tentu video disensor), hal ini sudah dilakukan beberapa kali sehingga cukup meresahkan warga". berita kedua, "sepasang anak sekolah tertangkap kamera sedang beradegan tittttttttttttttttt dibawah tower pemancar signal telephone".

Tidak salah memang apa yang telah dikatakan dalam hadits, malu itu adalah bagian dari iman. tentu malu yang dimaksud adalah malu dalam melakukan perbuatan2 maksiat, malu karena berbuat asusila. malu kepada manusia itu tentu, tapi malu kepada pencipta yang maha melihat itu adalah hal seharusnya ada pada setiap pribadi.

Melihat realita yang ada sekarang, tampaklah bahwa keimanan itu sangat tipis sehingga terjadilah apa yang terjadi.
Semoga Allah SWT. manjaga hamba dari berbuat maksiat, dan menanamkan rasa malu untuk berbuat maksiat.

Tidak ada komentar: