Minggu, 22 Juni 2008

Bau..., minggir lo!

Ada satu hal, dari berbagai hal yang paling tidak saya sukai (termasuk anda) dan hal ini sering saya jumpai, yaitu bau. Dan yang paling menjengkelkan adalah jika sumber bau itu adalah dari manusia atau biasa disebut BB. Menurut hasil studi saya selama 21 tahun, BB dapat ditimbulkan oleh kebiasaan hidup yang tidak bersih (merokok, dll), pakaian yang kotor (dan tentunya bau), sedang menderita penyakit tertentu, minum obat tertentu, makan jengkol, petai dan bawang, lingkungan tempat tinggal yang kotor dan tercemar, tidak pernah atau jarang olahraga, tidak pernah atau jarang berkeringat, dan jarang mandi ato mandi tapi ga’ pake sabun alias mandi tapi ga’ bersih.

Kebiasaan hidup bersih dan sehat telah diajarakan oleh Rasulullah (mungkin juga oleh agama lain), dalam Hadits dikatakan ” Bersuci itu sebagian dari”, ”Kebersihan itu sebagian dari iman”.

Namun yang paling membuat saya jengkel bercampur marah ditambah muak adalah tidak adanya sikap atau tindakan yang mereka lakukan sebagai tindakan preventif dan antisipasif. Justru seolah mereka (yang menimbulkan BB) menikmati kebauan dari BB itu. Ahh, tidak!. Saya tidak tahan lagi....

Tapi apa daya, saya tidak berdaya untuk menghindar dari mereka, karena saya punya kepentingan dengan mereka dan tidak sewajarnya saya menghindar dari mereka (begitu juga dengan Anda). Oleh karena itu, melalui mimbar ini saya mengimbau kepada seluruh ummat manusia untuk menjaga dan memelihara kebersihan, hidup bersih dan sehat, dan jangan pernah senang dengan BB Anda jika Anda termasuk salah satunya!

Tidak ada komentar: