Rabu, 18 Juni 2008

Kampoeng Halaman Saya

Assalamu'alaikum, selamat siang Bapak- bapak, ibu-ibu, hadirin sekalian, puji syukur kita panajatkan kehadiran Tuhan Yang Maha Esa, pada siang ini kita dikumpulkan dan pertemukan dalam keadaan seaht dan berbahagia, dalam sutu moment yang krusial dan important, yaitu dalam rangka perkenalan dan penjelasan kampoeng halaman saya.

bapak2, ibu2, hadirin sekalian, kampoeng halaman saya terletak di propinsi kalimantan timur, tepatnya di pulai tarakan. kampoeng halaman bernaman KARUNGAN, mohon diingaat bapak2, ibu2, karena nanti masuk dalam soal ujian...
letak karungan berada disebelah selatan pulau tarakan. karungan terdiri dari 4 kampung kecil, yaitu ujung, lapangan, gardu, dan lappah. rumah saya terletak di lappah, dan lappah merupakan kampung yang paling maju dan paling ramai (metroplitan istilah tarakannya) dibandingkan kampung yang lain.

didaerah pulau tarakan, khususnya daerah karungan merupakan temapt atau pusat lokasi pengeboran minyak dan gas alam. hampir semua daerah karungan menjadi titik pengeboran, dan terdapat tidak kurang dari 100 mata bor yang terdpat dengan produksi minyak dan gas yang sangat banyak, yang saya dengar satu mata bor sehari rata - rata dapat menghasilkan rupiah sebanyak 4 miliar perhari.

penduduk karungan umumnya adalah pendatang. tahun 1980, daerah karungan masih kosong ato belum ada penduduk ayng mendiami. hampir semua penduduk karungan adalah pendatang dari sulawesi selatan atau dari prov. sulsel, kabupaten enrekang, kecamatan baraka. hanya sebagian kecil yang berasal dari malaysia, itupun masih satu suku, yaitu suku Duri. suku diru adalah turunan dari suku bugis, namun bahasa dan logat sedikit banyak berbeda.

penduduk karungan secara umum merupakan petani (petani dan petani tambak), sehingga pendapatan perkapita termasuk paling tinggi di tarakan, bahkan di indonesia. namun demikian kehidupan warga tetap mempertahankan tradisi untuk hidup sederhana, hanya segelintir orang yang sedikit menampakkan hartanya.

mulanya penduduk karungan murni adalah petani, namun seiring dengan perkembangan informasi jadilah sebagian besar petambak, dan juga sebagian besar lahan pertanian sudah berubah menjadi lahan pengeboran minyak dan lahan perumahan penduduk.

Bapak2, ibu2 hadirin sekalian. sekarang kita masuk ke sesi Ujian akhir blog.
Soalnya adalah: Apa nama Kampoeng halaman saya?,

yup anda benar, KARUNGAN-LAPPAH. hadiahnya mendapat ucapan terima kasih dari saya, silahkan menemui saya dikantor pada jam kerja...

wassalamu'alaikum,,,

Tidak ada komentar: